Pendidikan

Apa Saja Sifat-sifat yang Dimiliki oleh Elektron?


Elektron merupakan sebuah partikel subatom yang berada di luar inti atom. Partikel subatom ini bergerak mengelilingi inti atom pada orbital dan tidak dapat pecah menjadi partikel yang lebih kecil. Elektron ditemukan pertama kali oleh Thompson yakni seorang ilmuwan yang mengemukakan teori model atom sebagai bola pejal.

Terdapat beberapa sifat elektron yang menjadi ciri khas dari partikel subatom tersebut. Simak penjelasan berikut ini mengenai sifat-sifat dari partikel subatom tersebut :

Sifat Elektron

Beberapa sifat dari elektron dan pengaruhnya terhadap suatu benda, yaitu:

1. Tidak memiliki komponen dasar

Elektron sebagai salah satu komponen penyusun dari suatu atom diketahui tidak memiliki komponen dasar. Hal ini menunjukkan bahwa elektron tidak memiliki partikel penyusun. Sehingga pernyataan tersebut memperkuat teori bahwa elektrom merupakan partikel yang fundamental.

2. Bermuatan negatif

Sebuah atom disusun oleh inti atom dan elektron yang mengelilingi inti pada orbital. Inti atom tersusun dari proton yang bermuatan positif dan neutron yang tidak bermuatan atau bersifat netral. Sedangkan elektronbermuatan negatif namun hal tersebut tidak membuat partikel subatom itu tertarik pada inti atom.

Hal itu dikarenakan adanya gerakan secara terus menerus yang dilakukan oleh elektron. Sehingga tidak terjadi aksi tarik-menarik antara elektron dengan inti atom yang didalamnya terdapat proton dengan muatan positif.

Namun, terjadinya tumbukan antara proton dengan elektron akan menciptakan foton yang memiliki energi yang tinggi. Sifat elektronyang satu ini menjadi ciri khas dalam pembelajaran ilmu kimia.

3. Bergerak secara bebas

Elektron merupakan komponen penyusun atom yang terus mengalami pergerakan pada setiap orbital. Dan masing-masing orbital memiliki tingkatan energi yang berbeda. Suatu elektron dapat bergerak bebas mengelilingi inti atom bahkan partikel itu dapat berpindah dari orbital satu ke orbital lainnya.

Hal ini dinamakan sebagai proses eksitasi yang disertai dengan adanya perubahan energi. Hal ini yang nantinya akan menimbulkan fenomena kimia pada suatu benda dalam keadaan tertentu seperti misalnya terjadinya pemanasan pada logam.

Maka interaksi yang terjadi antara logam dengan sumber panas akan menimbulkan cahaya dengan warna tertentu sesuai dengan sifat logam tersebut.

4. Sifat kelistrikan

Objek yang memiliki elektron akan memiliki sifat sebagai konduktor atau penghantar listrik. Hal ini disebabkan oleh adanya sifat elektron yang dapat bergerak bebas dan bisa berpindah-pindah dari tingkat energi satu ke tingkat energi yang lain.

Tidak hanya itu, elektron juga memiliki kecepatan yang menyerupai kecepatan cahaya. Akan tetapi, tidak akan terjadi keseimbangan antara kecepatan elektron dengan kecepatan cahaya. Hal ini disebabkan oleh perambatan cahaya yang begitu cepat.

5. Sifat objek yang memiliki elektron

Sifat elektron akan berpengaruh terhadap suatu objek atau benda. Objek yang memiliki elektron dengan jumlah yang besar maka akan semakin bermuatan negatif. Begitu juga dengan objek yang memiliki elektron dengan jumlah yang sedikit maka akan semakin bermuatan positif. Sedangkan objek yang memiliki jumlah proton dan elektron yang sama maka akan bermuatan netral.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa elektron merupakan komponen penyusun dari suatu atom yang dapat ditemukan pada bagian kulit atom. Kulit atom tersebut memiliki tingkatan energi yang berbeda. Sedangkan elektron akan mengelilingi inti atom pada sebuah orbital.

Selain itu, elektron merupakan partikel subatom yang mampu bergerak bebas dan dapat berpindah sehingga menentukan sifat kelistrikan suatu objek. Hal yang berhubungan dengan sifat elektron perlu dipelajari lebih lanjut untuk memperluas pengetahuan terutama di bidang ilmu kimia. Media yang dapat dijadikan sebagai referensi belajar adalah rumusrumus.com

Pendidikan
Mengetahui Cara Berkembang Biak Bambu di Alam
Pendidikan
Kenapa Air Garam Bisa Menghantarkan Arus Listrik?
Pendidikan
Permainan Menjala Ikan: Pengertian, Cara Bermain, Kelebihan dan Kekurangan
There are currently no comments.