Pendidikan

Permainan Menjala Ikan: Pengertian, Cara Bermain, Kelebihan dan Kekurangan


Meskipun saat ini generasi millenials dan gen Z lebih banyak melakukan permainan e-sport, namun sebenarnya ada banyak permainan yang bisa kita lakukan tanpa menggunakan gadged, salah satunya adalah permainan mejala ikan yang selama ini dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk merangsang motorik anak.

Apakah waktu duduk di Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar kamu pernah melakukan permainan yang satu ini? Dalam kesempatan kali ini idrku.com akan mengajak kamu untuk mengenal lebih dalam tentang permainan menjala ikan. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Permainan Menjala Ikan

Permainan menjala ikan adalah sebuah permainan tradisional yang biasanya dilakukan secara outdoor (luar ruangan) dimana ada dua kelompok dalam permainan itu yaitu kelompok penjala ikan dan kelompok ikan itu sendiri.

Baca Juga: Inilah Cara Bambu dalam Melakukan Perkembang Biakan

Kelompok yang bertugas sebagai jala akan saling bergandengan tangan untuk menangkap ikan, ikan yang tertangkap nantinya akan bergabung menjadi kelompok jala, sedangkan jika ada ikan yang tidak berhasil ditangkap, ia akan keluar sebagai pemenang.

gambar permainan menjala ikan
Gambar Simulasi permainan Menjala Ikan

Permainan menjala ikan memang sering dilakukan pada saat pelajaran olahraga, hal ini karena ada banyak sekali manfaat yang terkandung dalam permainan ini. permainan menjala ikan bertujuan untuk melatih kecepatan, belajar merancang strategi, menumbuhkan jiwa sportif, menumbuhkan sifat dalam bekerjasama, memaksimalkan kelincahan, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Melakukan Permainan Menjala Ikan

Jika kamu mencari cara melakukan permainan menjala ikan, maka kamu akan menemukan beberapa versi, dimulai versi yang paling lengkap sampai dengan point-point utamanya saja. Namun jika kita telaah lebih lanjut, pada dasarnya beberapa versi dalam tata cara permainan menjala ini tidak jauh berbeda, kurang lebih sebagai berikut ini.

1. Permianan menjala ikan dilakukan secara berkelompok dan halaman yang luas. Terkait jumlah orangnya sendiri ada beberapa versi, dalam sebuah buku LKS dijelaskan bahwa minimal penjala ikan berjumlah 4 orang, dan 1 orang sebagai ikan. Namun dibeberapa literatur ada juga yang mengatakan jumlah permainnya 20 orang atau lebih.

2. Seluruh anak yang terlibat dalam permainan akan melakukan undian atau suit untuk menentukan siapa saja yang berperan sebagai penjala ikan, dan siapa yang berperan sebagai ikannya.

3. Guru yang akan menjadi wasit atau pengamat harus menentukan batasan, wilayah mana saja yang sudah disepakati sebagai kolam ikan, dan baik jala atau ikan tidak boleh lari diluar kolam tersebut.

4. Anak yang berperan sebagai ikan bebas menentukan didaerah mana mereka akan berdiri, dengan catatatan tidak keluar dari daerah kolam yang sudah disepakati.

5. Jika anak yang berperan sebagai ikan berlari diluar kolam, maka ikan dinyatakan mati, dan harus bergabung kedalam kelompok menjala ikan.

6. Anak atau kelompok yang berperan sebagai penjala ikan harus selalu bergandengan tangan dalam menangkap ikan. Jika kelompok menjala ikan menangkap ikan dalam kondisi tidak bergandengan tangan, maka proses penangkapan ikan dinyatakan tidak sah dan harus diulangi lagi.

7. Begitu permainan dimulai, masing-masing anak akan menjalankan perannya masing-masing, kelompok ikan akan berusaha agar tidak tertangkap oleh jala ikan, sedangkan kelompok penjala ikan akan berusaha menangkap ikan.

8. Jika anak yang berperan sebagai ikan ternyata ada yang tertangkap oleh kelompok penjala, maka ikan tersebut  harus bergabung sebagai penjala ikan.

9. Anak yang berperan sebagai ikan akan dinyatakan sebagai pemenang jika berhasil tidak tertangkap oleh penjala ikan, sedangkan penjala ikan dinyatakan pemenang jika berhasil menangkap seluruh ikan yang ada di kolam.

Kelebihan dan Kekurangan Permainan Menjala Ikan

Setiap permainan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan dalam permainan menjala ikan? Untuk mengetahui hal ini, silahkan simak ulasan kami berikut ini.

Kelebihan

Manfaat pertama yang akan didapatkan anak ketika bermain permainan menjala ikan adalah dapat meningkatkan motorik kasar. Beberapa hal yang masuk kedalam motorik kasar seperti kemampuan bersosialisasi dan bekerjasama, berlari, berjingkrak, sampai dengan melompat.

Selain itu, karena permainan menjala ikan termasuk kedalam permainan tradisional, maka secara tidak langsung akan mampu mengenalkan anak pada permainan tradisional, ini penting untuk menyeimbangkan dan mengenalkan anak pada permainan traditional ditengah gempuran permainan e-sport.

Tidak hanya itu saja, dalam beberaa literatur juga disebutkan bahwa permainan akan mengarahkan anak pada kemampuan emosional sosial yang lebih baik. Emosinal sosial yang kami maksud disini meliputi percaya diri, bisa lebih mandiri dalam menentukan sikap, berlatih untuk mengekspresikan diri dalam setiap keadaan, lebih giat, bekerjasama, dan hal-hal positif lainnya.

Kekurangan

Meskipun terdapat banyak kelebihan, permainan menjala ikan juga memiliki beberapa kekurangan yang kadang akan menyulitkan kita dalam melakukan permainan ini. Yang pertama adalah membutuhkan area yang luas agar ikan yang akan mengindari dari kelompok menjala ikan bisa bergerak dengan leluasa.

Dari segini keamanan juga sangat penting untuk diperhatikan agar cidera dapat diminimalkan karena permainan ini melibatkan kontak fisik. dan terakhir adalah dukungan terhadap cuaca, permainan menjala ikan membutuhkan cuaca yang baik agar bisa dilakukan dengan maksimal.

Baca Juga: Laporan Praktikum Lensa Cembung dan Cermin Cekung

Itulah pembahasan kami mengenai permainan menjala ikan yang sangat baik dan pastinya disukai oleh anak-anak karena memang permainan ini sangat asyik dan memacu adreanalin. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel-artikel pendidikan lainnya.

Pendidikan
Contoh Laporan Praktikum Lensa Cembung dan Cermin Cekung [+ PDF]
Pendidikan
[+PDF] Contoh Laporan Praktikum Ekosistem Darat dan Perairan
Pendidikan
Apa Saja Sifat-sifat yang Dimiliki oleh Elektron?
There are currently no comments.