Paypal

10 Kerugian dan Resiko Menggunakan Paypal [Terlengkap]


Dengan semakin seringnya transaksi menggunakan e-wallet dan dompet digital membuat kita mau tidak mau ikut menggunakan online payment, dan salah satu yang terkenal dan bisa digunakan untuk transaksi international adalah paypal. Namun adakah kekurangan, kerugian, dan resiko menggunakan paypal sebagai online payment?

Untuk kamu yang saat ini hendak menggunakan paypal namun masih ragu karena belum tahu risiko menggunakan paypal, sebelum melakukan pendaftaran atau mengisi saldo paypal, ada baiknya Anda mengetahui risiko-resikonya agar bisa menghindarinya.

Kerugian dan Risiko Menggunakan Paypal

Perlu kita ketahui bahwa paypal sebagai alat pembayaran sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bank, dan tentu saja bank satu dan lainnya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pada dasarnya paypal adalah salah satu perusahaan yang kredible, namun tetap saja mereka juga memiliki kekurangan yang kadang menjadi risiko penggunanya.

1. Biaya Besar

Tidak sama seperti ketika kamu membuat akun di bank yang dibebani dengan biaya admin, di paypal tidak ada biaya pemeliharaan akun, namun kamu akan dikenakan biaya atas setiap penerimaan transaksi yang kami lakukan, inilah cara paypal mendapatkan keuntungan dari layanannya.

Misalkan kamu menjual produk kepada pelanggan luar negri, taruhlah untuk pelanggan di US, ketika pelanggan kamu melakukan pembayaran ke akun mu, maka secara otomatis paypal akan memotong uang tersebut sebagai fee atas penggunaan paypal. Jumlahnya sendiri berbeda-beda, tergantung dari negara mana yang kamu ajak transaksi, biasanya berkisar antara 2 sampai 3,5%.

2. Tarik Dana Lama

Seperti yang sudah kami ungkapkan sebelumnya dalam artikel kami yang berjudul (apakah paypal bisa witdraw), bahwa ketika kamu akan menarik dana ke bank lokal, maka saldo untuk sampai pada akun rekeningmu membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, yakni antara 5-7 hari kerja. Ini akan menjadi masalah tersendiri jika kamu hendak menggunakan uang tersebut.

Untuk hal ini solusinya adalah menggunakan jasa witdraw paypal seperti idrku.com, dimana kamu bisa mengirimkan saldo mu ke rekening bank lokal saat itu juga.

3. Phising Paypal

Bagi beberapa orang yang jago soal koding, paypal adalah tempat bagi mereka untuk mencari instant money, hanya dengan trik-trik khusus, mereka akan dengan mudah mendapatkan saldo paypal dalam jumlah banyak. Kira-kira, apa yang mereka lakukan, yaitu membobol akun seseorang dan mengambil saldonya.

Nah risiko seperti ini bisa mengancam siapa saja, termasuk kamu ketika menggunakan paypal. Bagaimana cara mencegahnya? Yakni dengan mengamankan password paypal dengan sebaik mungkin.

4. Pembatasan Akun

Ini adalah salah satu security atau cara paypal memastikan keamanan pada layananya, yakni dengan memberikan pembatasan terhadap akun, jika akun tersebut memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Hal ini memang biasa, dan sering terjadi di paypal, dan fungsinya memang baik.

Nah ketika kamu mengalami masalah ini, maka akun kamu tidak bisa digunakan sebelum mengikuti beberapa langkah yang diinginkan oleh paypal seperti mengirimkan identitas, atau hal-ha lain yang mereka butuhkan. Dan sama seperti ketika menarik dana, proses ini juga membutuhkan waktu yang tidak singkat.

5. Refund Dana Lama

Berbeda dengan rekening bank, dimana ketika kamu melakukan transfer dan sudah berhasil, proses tersebut tidak bisa dibatalkan atau ditarik kembali. Nah dipaypal ada fitur refund, dimana jika setelah transaksi barang tak kunjung kamu terima, kamu bisa mengajukan refund untuk meminta dana yang sudah kamu kirim.

Nah fitur yang maksudnya baik ini kadang disalahkan oleh beberapa pihak untuk mengambil saldonya kembali, meskipun mereka sudah menerima produk atau jasa dari kamu.

6. Butuh Debit Credit Card

Ini adalah ha wajib, jadi ketika kamu tidak memiliki kredit card atau debit card, maka kamu tidak bisa menggunakan paypal, atau bahkan tidak bisa melakukan pendaftaran. Kartu kredit dan debit ini digunakan untuk beberapa hal, seperti menerima dana, sampai dengan melakukan topup saldo.

Terkhusus untuk kredit card, ini nantinya juga digunakan untuk sumber utama saldo, jika kamu melakukan pembelian atau menggunakan jasa orang lain.

7. Sulit Digunakan

Bagi sebagian orang, tidak menggunakan pembayaran digital itu bukan karena mereka tidak mau, namun karena mereka tidak bisa menggunakannya. Hal yang sama juga berlaku ketika menggunakan paypal, atar muka atau tampilan web yang berbeda dengan dompe digital Indonesia, kadang membuat beberapa pengguna bingung.

Namun sebenarnya ini adalah salah satu risiko menggunakan paypal yang sangat mudah untuk diatasi, hanya dalam seminggu, kemungkinan kamu sudah lanyah menggunakan website atau aplikasi ini.

8. Rentan Penipu

Ketika kamu menggunakan paypal, maka kamu harus melakukan banyak hal, misalnya ketika ingin mengisi saldo paypal, kamu bisa menggunakan jasa pihak ketiga, dimana saldonya akan kamu ganti dengan rupiah yang dikirim melalui rekening bank. Jika tidak hati-hati, kamu akan menjadi sasaran empuk para penipu.

Umumnya ini sering terjadi di grup-grup paypal social media, banyak banget kasus seperti ini. Untuk menghindarinya sangat mudah, kamu hanya perlu mencari dan melakukan transaksi dengan pihak terpercaya. Minimal buyer atau seller harus memiliki website dan identitas yang jelas, jika tidak sebaiknya skip dulu.

9. Rawan Lupa Sandi

Jadi cara masuk ke akun paypal kamu sebenarnya sama dengan ketika kamu menggunakan sosial media, yakni kamu harus masuk ke akun kamu dengan memasukan email dan juga password, nah masalah lupa password ini juga sering terjadi pada paypal. Dan apa yang terjadi jika kamu lupa password dan tidak bisa masuk ke akun? Saldo kamu tidak bisa digunakan.

Hal seperti ini tentu saja sangat merugikan, apalagi jika akun kamu memiliki saldo dalam jumlah besar. Jika kamu lagi mengalami masalah seperti ini, kamu bisa reset password, namun syaratnya harus bisa mengakses email yang kamu gunakan untuk mendaftar.

10. CS Tidak 7/24 Jam

Selain proses yang dilakukan membutuhkan waktu yang relatif lama, cs atau customer service paypal tidak bekerja selama 7 hari kerja dalam 1 minggu, yakni hanya senin sampai jumat saja. Aturan ini memang berbeda dari dompet digital lainnya, dan kita sebagai pengguna harus mengikuti aturan ini.

Meskipun demikian, kita tetap bisa melakukan transaksi kapan pun kita mau, hanya saja jika terjadi kendala dan kita ingin menghubungi cs untuk bertanya, kamu hanya bisa melakukan pada hari senin sampai jumat pada jam kerja saja.

Itulah 10 kerugian menggunakan paypal yang sebenarnya bisa kita hindari jika dari awal kita tahu mengenai aturan mereka. Harus kita sadari bahwa beberapa kekurangan dan risiko diatas dilakukan untuk memaksimalkan security paypal, dengan aturan yang ketat seperti ini, kita bisa menggunakan paypal dengan aman dan nyaman. Jika Anda tidak ingin diribetkan dengan hal-hal diatas, Anda bisa menggunakan jasa kami ketika akan bertransaksi menggunakan paypal. Lihat di halaman awal.

[Tanya+Jawab]

Apakah Paypal itu Aman?

Berbicara soal aman atau tidak jawabannya adalah relatif, tergantung siapa yang menggunakan. Namun perlu kamu ketahui bahwa paypal merukan perusahaan berskala dunia, tentu mereka memiliki banyak keunggulan.

Lalu apakah ada reskonya?

Ada, kami sudah mengumpulkan 10 resiko yang sering dialami oleh pemula ketika menggunakan paypal. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel kami.

Apakah Resiko itu Bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan?

Beberapa resiko yang kami sebutkan diatas bisa diminimalisir, yakni yang berhubungan dengan kita ketika menggunakan paypal, namun untuk hal yang masuk dalam ranah regulasi paypal, aturan tersebut harus tetap dilakukan, alis tidak bisa dihilangkan.

Baca juga artikel menarik kami di halaman awal, atau artikel lainnya tentang tips paypal.

Paypal
10 Cara Menambah Saldo Paypal Gratis [Terbukti Ampuh]
Paypal
Apakah Paypal Bisa dicairkan? Berapa Lama Prosesnya?
There are currently no comments.