Tips Kehidupan

7 Tips dan Cara Bijak Menghemat Uang untuk Kebutuhan Harian


Selama ini millenial dikenal sebagai orang yang sangat lihai dalam mencari uang, namun sebanyak apapun yang kamu dapat, jika penggunaanya tidak bijak, tentu akan habis juga. Padahal disama yang akan datang kamu akan dihadapkan pada banyak sekali kebutuhan yang membutuhkan uang, lalu bagaimanakah cara menghemat uang agar kita bisa saving money lebih banyak?

Pertanyaan ini mungkin terlihat simple, namun faktanya kita semua tahu bahwa millenial adalah orang yang sangat payah dalam mengelola uang, meskipun tidak semuanya sih. Yuk lebih bijak lagi dalam menggunakan uang, kamu bisa memulai dengan beberapa tips berikut ini.

7 Cara Menghemat Uang Gaji untuk Belanja Sehari-hari

Sebenarnya cara-cara mungkin sudah sering kita dengar dari orang tua, namun kebanyakan dari kita memang mudah sekali lupa dengan nasehat. Setidaknya, artikel keuangan kali ini akan mengingatkan kamu untuk lebih bijak dalam mengelola uang.

1. Belilah Barang yang Berkualitas

Membeli barang dengan harga murah memang bisa menghemat pengeluaran bulanan kamu, namun apakah ada jaminan barang kamu beli akan bertahan sampai bulan depan? Hal tersebut akan lain ceritanya jika kamu membeli produk atau barang dengan kualitas unggulan, meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun barang tersebut akan awet, bahkan hingga beberapa tahun.

Karena produk yang kamu butuhkan masih bisa digunakan hingga beberapa tahun, tentu ini akan membuat pengeluaran terhadap membeli produk lagi bisa dipangkas. Cara ini akan menghemat uang yang kamu miliki untuk membeli produk yang sama dalam waktu yang dekat.

2. Kendalikan Keinginan yang Impulsif

Faktanya mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu memang menyenangkan, ironisnya hal ini juga sering terjadi pada pembelian produk yang sebenarnya gak terlalu penting untuk kehidupan kita. Apalagi dengan teknologi pembayaran digital seperti bitcoin dan paypal yang semakin mudah, ini justru akan mendorong kita untuk membeli produk atau apapun hanya karena keinginan sesaat.

Jika memang kamu memiliki keinginan untuk membeli produk, cobalah untuk menahannya terlebih dahulu. Tunggu hingga 7 atau 14 hari, jika produk yang ingin kamu beli bukan kebutuhan prioritas, biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Dengan mengendalikan sifat impulsif kita, ini bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menghemat uang.

3. Buka Rekening Tabungan

Cobalah untuk membuat rekening tabungan yang tidak dilengkapi dengan kartu ATM, dedikasikan satu rekening yang memang fusnginya untuk menabung, dan setiap bulannya rekening ini akan kamu isi dengan sejumlah uang setelah dikurangi dengan uang yang akan kamu gunakan untuk kebutuhan bulanan.

Pastikan untuk memisahkan rekening tabungan ini dengan rekening untuk menerima gaji bulanan Anda, dengan begini kamu akan terbiasa untuk melakukan saving, dan tidak bisa dengan mudah untuk mengambilnya. Trik ini cukup ampuh untuk kita yang sering tergoda oleh keinginan impulsif membeli produk.

4. Buat Anggaran Mu

Ini adalah salah satu cara menghemat uang dari gaji bulanan yang kamu terima, yakni dengan membuat anggaran pada awal bulan, mengenai pengeluaran-pengeluaran yang akan kamu butuhkan dalam bulan itu. Cara ini akan membuat kamu menemukan sebuah keseimbangan antara uang yang akan kamu belanjakan dan uang yang kamu terima dari gaji, bahkan tidak menutup kemungkinan kamu bisa melakukan saving terhadap uang kamu dapatkan.

Cobalah untuk memeriksa ATM, Kartu Kredit, dan alat pembayaran lain yang kamu gunakan, lihat kemana saja dan kamu gunakan untuk apa uang yang kamu miliki. List satu persatu, dan jumlahkan. Jika ternyata pengeluaran kamu lebih besar dari pada pemasukan, coba lakukan penganggaran ulang dengan mengeleminiasi kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya kurang substansial.

5. Kelola Akun Pembayaran Kamu

Seperti yang kita tahu bahwa debit card, kredit card, digital payment, dan alat pembayaran lainnya adalah sebuah layanan yang dihadirkan oleh sebuah perusahaan, kita sebagai pengguna yang dimudahkan dalam layanan tersebut tentu dikenakan biaya administrasi untuk pengelolaan sistem tersebut.

Perusahaan-perusahaan pembayaran ini biasanya akan memberikan iming-iming diskon dan semacamnya agar calon pelanggannya mau mendaftar, hal inilah yang kadang membuat kita tidak sadar memiliki banyak akun pembayaran, padahal manfaatnya sama.

Cobalah untuk melihat kembali akun yang kamu gunakan untuk pembayaran, jika memang ada yang didouble, lebih baik ditutup saja agar tidak membebani kita dengan biaya bulanan yang besar.

6. Perencanaan Uang Konsumsi

Salah satu cara untuk menghemat uang belanja bulanan adalah dengan melakukan perencanaan terhadap makanan-makanan yang kita beli. Ini bukan berati kita harus makan mie instant setiap hari ya, bukannya menghemat, yang ada justru akan terkena masalah terhadap kesehatan. Maksud dari melakukan perencanaan terhadak uang konsumsi disini adalah membeli produk-produk dengan harga yang terjangkau.

Silahkan kamu list apa saja kebutuhan konsumsi yang kamu butuhkan, lalu cobalah untuk mencari tempat yang menjual hal tersebut dengan harga terjangkau. Selain itu, belanja ini sebaiknya dilakukan sekali dalam setiap bulannya, karena kalau kita terlalu sering mengunjungi toko, biasanya kita cenderung akan tergoda terhadap pembelian yang sebenarnya sifatnya kurang substansial.

7. Jadilah Pelanggan yang Cerdas

Perlu kamu ketahui bahwa penjual ataupun produsen sangat suka dengan pelangan loyal, yang setia pada suatu brand, bahkan mereka tidak segan untuk mengucurkan dana untuk membentuk pelanggan yang loyal. Kenapa? Karena pelangga yang loyal cenderung lebih mudah untuk dimanfaatkan oleh sebuah brand, kadang harga yang kurang kompetitif saja masih kita tabrak untuk membelinya.

Jika kamu termasuk pelanggan seperti ini, cobalah untuk lebih bijak dan jadilah pelanggan yang cerdas. Coba tanyakan pada diri kamu sendiri, apakah brand ini memang memberikan yang terbaik untuk kamu? Apakah harga yang mereka tawarkan masih kompetitif? Mempertanyakan hal ini bisa menjadi salah satu cara menghemat uang kamu.

Itulah 7 cara untuk menghemat uang kamu, baik untuk uang belajanja sehari-hari ataupun uang dari gaji kamu agar bisa menabung lebih banyak lagi. Pastikan  bahwa gaji yang kita terima masih bisa memenuhi kebutuhan kita, akan lebih bagus jika kita juga bisa menyisikan beberapa rupiah untuk tabungan dimasa yang akan datang.

[Tanya+Jawab]

Apakah Keseimbangan Keuangan itu Bisa dilakukan?

Sangat bisa, kita tidak harus mengikuti gaya hidup orang lain, yang harus kita lakukan adalah menyesuaikan antara pendapatan dan pengeluaran.

Saya Masih Muda, Apakah Perlu Menghemat Uang?

Sangat perlu, bahkan akhir-akhir ini banyak milenial yang ingin segera meraih financial freedom di usia yang masih muda, 30 tahun mungkin.

Adakah Tips untuk Menghemat Uang?

Ada, setiaknya kita sudah menyiapkan 7 tips yang bisa kita lakukan untuk menghemat uang yang kita miliki. Baca artikel ini.

Baca juga artikel menarik kami lainnya mengenai tips pengelolaan uang atau cara mendapatkan uang melalui kategori Tips Keuangan.

Tips Kehidupan
21 Cara Menghilangkan Gabut atau Rasa Bosan Selama dirumah
There are currently no comments.